Fish

Senin, 10 Juni 2013

Pikirkan baik-baik sebelum berkomentar (Silahkan Dibaca)

KUHP; Penghinaan/ Pencemaran Nama Baik

KUHP
BUKU KEDUA - KEJAHATAN
BAB XVI
PENGHINAAN
Pasal 310
(1) Barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.
(2) Jika hal itu dilakukan dengan tulisan atau gambaran yang disiarkan, dipertunjukkan atau ditempelkan di muka umum, maka diancam karena pencemaran tertulis dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.
(3) Tidak merupakan pencemaran atau pencemaran tertulis, jika perbuatan jelas dilakukan demi kepentingan umum atau karena terpaksa untuk membela diri.
Pasal 311
(1) Jika yang melakukan kejahatan pencemaran atau pencemaran tertulis dibolehkan untuk membuktikan apa yang dituduhkan itu benar, tidak membuktikannya, dan tuduhan dilakukan bertentangan dengan apa yang diketahui, maka dia diancam melakukan fitnah dengan pidana penjara paling lama empat tahun.
(2) Pencabutan hak-hak berdasarkan pasal 35 No. 1 - 3 dapat dijatuhkan.
Pasal 312
Pembuktian akan kebenaran tuduhan hanya dibolehkan dalam hal-hal berikut:
1. apabila hakim memandang perlu untuk memeriksa kebenaran itu guna menimbang keterangan terdakwa, bahwa perbuatan dilakukan demi kepentingan umum, atau karena terpaksa untuk membela diri;
2. apabila seorang pejabat dituduh sesuatu hal dalam menjalankan tugasnya.
Pasal 313
Pembuktian yang dimaksud dalam pasal 312 tidak dibolehkan, jika hal yang dituduhkan hanya dapat dituntut atas pengaduan dan pengaduan tidak dimajukan.
Pasal 314
(1) Jika yang dihina, dengan putusan hakim yang menjadi tetap, dinyatakan bersalah atas hal yang dituduhkan, maka pemidanaan karena fitnah tidak mungkin.
(2) Jika dia dengan putusan hakim yang menjadi tetap dibebaskan dari hal yang dituduhkan, maka putusan itu dipandang sebagai bukti sempurna bahwa hal yang dituduhkan tidak benar.
(3) Jika terhadap yang dihina telah dimulai penuntutan pidana karena hal yang dituduhkan padanya, maka penuntutan karena fitnah dihentikan sampai mendapat putusan yang menjadi tetap tentang hal yang dituduhkan.
Pasal 315
Tiap-tiap penghinaan dengan sengaja yang tidak bersifat peneemaran atau pencemaran tertulis yang dilakuknn terhadap seseorang, baik di muka umum dengan lisan atau tulisan, maupun di muka orang itu sendiri dengan lisan atau perbuatan, atau dengan surat yang dikirimkan stau diterimakan kepadanya, diancam karena penghinaan ringan dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.
Pasal 316
Pidana yang ditentukan dalam pasal-pasal sebelumnya dalam bab ini, dspat ditambah dengan sepertiga jika yang dihina adalah seorang pejabat pada waktu atau karena menjalankan tugasnya yang sah.
Pasal 317
(1) Barang siapa dengan sengaja mengajukan pengaduan atau pemberitahuan palsu kepada penguasa, baik secara tertulis maupun untuk dituliskan, tentang seseorang sehingga kehormatan atau nama baiknya terserang, diancam karena melakukan pengaduan fitnah, dengan pidana penjara paling lama empat tahun,
(2) Pencabutan hak-hak berdasarkan pasal 35 No, 1 - 3 dapat dijatuhkan.
Pasal 318
(1) Barang siapa dengan sesuatu perbuatan sengaja menimbulkan secara palsu persangkaan terhadap seseorang bahwa dia melakukan suatu perbuatan pidana, diancam karena menimbulkan persangkaan palsu, dengan pidana penjara paling lama empat tahun.
(2) Pencabutan hak-hak berdasarkan pasal 35 No. 1 - 3 dapat dijatuhkan.
Pasal 319
Penghinaan yang diancam dengan pidana menurut bab ini, tidak dituntut jika tidak ada pengaduan dari orang yang terkena kejahatan itu, kecuali berdasarkan pasal 316.
Pasal 320
(1) Barang siapa terhadap seseorang yang sudah mati melakukan perbuatan yang kalau orang itu masih hidup akan merupakan pencemaran atau pencemaran tertulis, diancam dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.
(2) Kejahatan ini tidak dituntut kalau tidak ada pengaduan dari salah seorang keluarga sedarah maupun semenda dalam garis lurus atau menyimpang sampai derajat kedua dari yang mati itu, atau atas pengaduan suami (istri)nya.
(3) Jika karena lembaga matriarkal kekuasaan bapak dilakukan oleh orang lain daripada bapak, maka kejahatan juga dapat dituntut atas pengaduan orang itu.
Pasal 321
(1) Barang siapa menyiarkan, mempertunjukkan atau menempelkan di muka umum tulisan atau gambaran yang isinya menghina atau bagi orang ymg sudah mati mencemarkan namanya, dengan maksud supaya isi surat atau gambar itu ditahui atau lehih diketahui oleh umum, diancam dengan pidana penjara paling lama satu hulan dua minggu atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.
(2) Jika Yang bersalah rnelakukan kejahat.an tersehut dalam menjalankan pencariannya, sedangkan ketika itu belum lampau dua tahun sejak adanya pemidanaan yang menjadi tetap karena kejahatan semacam itu juga, maka dapat. dicabut haknya untuk menjalankan pencarian tersehut.
(3) Kejahatan ini tidak dituntut kalau tidak ada pengaduan dari orang yang ditunjuk dalam pasal 319 dan pasal 320, ayat kedua dan ketiga.

Pasal 35

(1)   Hak-hak terpidana yang dengan putusan hakim dapat dicabut dalam hal-hal yang ditentukan dalam kitab undang-undang ini, atau dalam aturan umum lainnya ialah:
(1)   hak memegang jabatan pada umumnya atau jabatan yang tertentu;

(2)   hak memasuki Angkatan Bersenjata;

(3)   hak memilih dan dipilih dalam pemilihan yang diadakan berdasarkan aturan-aturan umum. 
 
 
 
http://politik.kompasiana.com/2009/12/28/kuhp-penghinan-pencemaran-nama-baik-44697.html 

Sabtu, 08 Juni 2013

Cherrybelle Bukan JKT48

Kayaknya baru musimnya ya sekarang, para fans idolgrup sm Girlband saling lempar ejekan, hinaan bahkan fitnahan tanpa bukti yang jelas #hufftttt
Tapi itu justru bikin aku semangat buat mencari tahu, atau mengkepo in sebenernya apa sih yang ributin? dan alasan lain adalah secara aku kan twibi, ya aku agak gak terima aja gitu mereka (tidak semua) seenaknya menghina Chibi bahkan memfitnah tanpa alasan yang jelas, walaupun sebenernya aku juga suka sama JKT48 :p hihihi. hello???? apa sih susahnya support idola kalian tanpa harus menghina salah satu dari mereka?

Oke, kita mulai bahas:

Rabu, 05 Juni 2013

Kangen Kalian...

Baru buka" flashdisk -> Nemu foto anak IX-6 -> kangen -> Nyesek :")
Well, sedikit curhat ya, sebenernya aku mendadak kangen sm temen" SMP. Apalagi setelah ngeliat foto" yang dulu, yang kalian koplak banget =)) ya.. agak nyesel sih, kayaknya 3 tahun di SMP, tapi aku baru ngerasain kompaknya tu malah di akhir" kelas IX, padahal kelas IX aja itu gak nyampek 1 tahun.
Walaupun kita waktu itu gak selalu kompak sih :p tapi ya itulah namanya perbedaan, yang sekarang justru itu yang bikin aku kangen.

Senin, 03 Juni 2013

Cherrybelle #CherrybelleBEATIndonesia #Jogja

Jeng jeng tarakdunces... :p mau sharepict lagi ah~ tentang Chibi kemaren ke Jogja acara #CherrybelleBEATIndonesia tanggal 28 Mei 2013 kemaren :)) hihi.... hayo apa Chibi ke kotamu juga? Susah gak dapetin tiketnya? -_- bzztttt
Kenapa aku tanya kayak gitu? Yup, karena tour Chibi yang di Jogja kemaren beli tiketnya harus beli motor honda beat dulu, helooooo 1 tiket harganya aja 14jt an, keren kan :") tapi aku akhirnya dapet pas H-1 konsernya, istimewa \m/ . Walaupun (katanya hlo ni) pada akhirnya tiketnya itu dibagi-bagi .-. *miris*

Hahahahahahahah.... tapi aku sebenernya gak mau bahas tiket sih, yang lalu biarlah berlalu :) sekarang mau ngerefresh mata kalian buat liat yang bening-bening *.* 

Kita mulai ya... 1...2.....3.........(´⌣`ʃƪ)

Cherrybelle "Colour of Love" 12 Maret 2013

Ehemmmm... mau ngepost foto boleh gak? XD kali ini pengen ngepost tentang Cherrybelle goes to Jogjakarta ni tanggal 12 Maret kemaren, tapi walaupun udh berbulan yang lalu, tapi boleh dong dikenang lagi :") wkwkwk.
Ini juga khususnya buat kalian yang sering mampir diblog ini, terima kasih atas apresiasi dan dukungan untuk aku buat terus ngeblog Chibi^^, makanya kali ini mau aku kasih foto-foto istimewa mereka, bukan hasil jepret aku sendiri sih, tapi gakpapa kan, buat nyenengin kalian? :p

Langsung yuk...cuss.....

Sabtu, 01 Juni 2013

XC lagi aja ya

Hahah kembali lagi ngeblog absurd ;;) cieee pada kangen sm post-post aku yg ada disini? wakakak XD
Oke kembali ke topik. Sebenernya aku mau ngepost tentang Chibi sih, tp ya masak Chibi terus? :p aku belum dapet inspirasi mau ngepost apa tentang mereka. Tapi yang jelas secepatnya mau ngepost lagi tentang Chibi :D
Sekarang lupain Chibi sebentar ya, kali ini mau ngepost tentang "XC", kalian yang udah liat blog ku pasti udh tau kan mereka itu adalah anak-anak gila yang selama 1 tahun aku harus menjalani hari-hari yang membosankan disekolah .-. Tapi karena mereka, hari-hari ku